Selasa, Agustus 25, 2009

Zoologi Karnivora

Burung
Banyak jenis burung yang diketahui, tetapi dua jenis burung pemangsa pemangsa ini wajib kita ketahui:
Burung Elang, burung yang sangat gesit dan memiliki penglihatan yang sangat tajam, sehingga mereka dapat memburu, menukik dan menyambar mangsa dengan dengan cepat dari ketinggian dengan cakar-cakar kokoh dari kedua kakinya yang kuat, yang mampu mengoyak tubuh mangsa, ditambah lagi dengan paruh yang yang menyerupai kait, alhasil mangsa akan segera tewas. Salah satu species burung ini yang tercatat sebagai penerbang yang sangat cepat yaitu: Elang Falcon, ia dapat menukik dengan kecepatan 350 km/jam. Burung Pemakan Bangkai, burung yang satu ini bukan tergolong burung pemburu, tetapi hanya sebagai burung pemakan bangkai (sesuai dengan namanya) yang ditinggalkan hewan lain, tetapi burung ini pernah tercatat sebagai burung yang pernah terbang di ketinggian 11.000 m, setinggi pesawat jet terbang. Elang Berkepala Putih (Bald Eagle) banyak ditemukan di daerah Alaska (Amerika Utara). Burung ini sangat kuat sehingga dapat membawa mangsa seberat 6,8kg di saat terbang. Burung elang kepala putih ini mampu terbang di ketinggian 10.00kaki dengan kecepatan 30 sampai35 mil/jam.
Burung Hantu, Burung yang hanya berburu pada malam hari, mangsanya biasanya tikus dan mamalia kecil lainnya. Burung ini memiliki bulu tepian yang sangat halus, yang membantunya terbang hampir tanpa suara sehingga dapat mudah menangkap mangsanya. Ada beberapa burung hantu yang mampu hidup didekat kutub utara, yaitu Burung Hantu Salju. Secara fisik burung ini tidak memiliki perbedaan dengan burung hantu lainya, sedikit perbedaan yaitu dari segi bulu-bulu yang lumayan tebal yang dapat melindunginya dari udara dingin.

Kucing
Kucing merupakan salah satu hewan menyusui yang dapat kita temui di setiap tempat, tetapi berbagai macam species kucing sangat susah untuk kita temukan. Macam-macam dari keluarga kucing, antara lain: macan, harimau dan singa (sepengetahuan penulis dan banyak lagi pembagiannya dan lebih seru apabila kamu tertarik mencarinya). Semua species kucing tergolong kedalam hewan karnivora (pemakan daging). Species kucing memiliki tubuh yang kuat sehingga dapat membantu mereka untuk bisa bergerak dengan cepat untuk memburu mangsanya dan dibantu dengan penglihatan yang bagus dan indra penciuman yang sangat tajam. Masing-masing species kucing memiliki totol dan garis-garis yang berbeda-beda, hal ini memungkinkan mereka untuk berbaur dengan lingkungan (kamuflase).
Pussy (Kucing Rumahan): Salah satu species kucing yang dapat bersahabat dan mudah akrab dengan manusia. Bentuk dan warna dari bulunya beraneka ragam dan species kucing ini diperlombakan.
Macan Tutul/Cheetah: kucing besar yang penyebarannya sampai ke Afrika, Timur Tengah dan Asia. Ia dikenal sebagai hewan pelari cepat hingga mencapaiu 110 km/jam dalam waktu tiga detik dimulai dari awal berdiri, Dahsyaaaat!!!. Kemampuan larinya digunakan untuk berburu mangsanya seperti, rusa dan kambing. Hewan ini sangat suka nangkring di atas pohon selain tempat istirahat sekaligus untu dapat melihat mangsa yang akan diburunya.
Puma: salah satu species kucing yang hidup di daerah amerika selatan, tengah dan utara. Puma dapat melakukan loncatan sejauh 6 meter dengan ketinggian lompatan 2,5 meter, dan dapat berlari dengan kecepatan 50km/jam. Puma mampu membunuh mangsa yang beratnya 7X lebih besar dari berat badannya dengan melakukan penyerangan dari daerah belakang. Selain berburu hewan-hewan mamalia besar, puma juga terkadang berburu hewan-hewan kecil seperti Berang-berang, landak dan tikus.
Jaguar: Species kucing berwarna hitam pekat yang hidup didaerah hutan hujan tropis di Amerika Selatan dan tengah.
Harimau: species kucing terbesar yang mencapai panjang 3,7 m dari ujung kepala hingga ujung ekor, penyebarannya hampir di seluruh daerah didunia. Harimau merupakan jenis hewan yang hidup secara berpasangan. Seekor harimau dapat menghabiskan kurang lebih 6 ton daging setiap tahunnya. Salah satu keunikan dari hewan ini yaitu sangat suka berenang, kebiasaan ini sangat berbeda dengan species kucing lainnya yang umumnya menghindari air. Sepengetahuan penulis Harimau terdiri dari dua jenis: coklat keemasan dengan belang hitam dan putih dengan belang hitam.
Singa: sang Raja Hutan (menurut legenda), singa hidup secara kelompok, biasanya dipimpin oleh singa jantan, pemilihan sang ketua dilihat dari fisik dan kemampuannya dalam berburu dan menjaga kelompoknya dari serangan kelompok hewan lain. Singa sangat tangguh dalam berkelahi dan ahli dalam menyusun rencana pemburuan mangsa, suaranyapun keras dan lantang!!!. Singa jantan dan betina memiliki bentuk yang masing-masing berbeda, singa jantan memiliki rambut bagian kepala yang panjang sedangkan singa betina pendek. Setelah berkeluarga umumnya singa jantan lebih suka bermalas-malasan, singa betinalah yang banyak menghabiskan waktu merawat anak-anaknya hingga sampai berburu mencari makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar